, ,

Peresmian Gedung Laboratorium Riset Kimia UII

Prosesi Peresmian dan Serah Terima Gedung Laboratorium Riset Kimia UII/Dok.Humas

Universitas Islam Indonesia (UII) merayakan momen sejarah dengan peresmian dan serah terima Gedung Laboratorium Riset Kimia yang megah oleh Pengurus Yayasan Badan Wakaf Universitas Islam Indonesia (PYBW UII). Acara yang dihelat pada Senin, 1 April 2024/22 Ramadan 1445 bertempat di Ruang Kerja Magister, Lantai 4 Sayap Timur Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) UII ini menjadi momen bersejarah bagi perkembangan Pendidikan UII.

Acara tersebut merupakan hasil dari penyerahan Laboratorium Riset yang dilakukan oleh Yayasan Badan Wakaf Universitas Islam Indonesia, yang diwakili oleh Ketua Umum Pengurus, Dr. Suparman Marzuki, S.H., M.Si., kepada Universitas Islam Indonesia, yang diterima oleh Rektor UII, Prof. Fathul Wahid, ST., M.Sc., Ph.D.

Mengawali acara dengan pelaporan Pembangunan gedung, Ir. Suharyatmo, M.T., selaku Kepala Departemen Infrastruktur Yayasan Badan Wakaf UII, menyampaikan laporan pembangunan gedung laboratorium yang mencapai luas bangunan 2.462 m2 dengan 4 lantai. Luas gedung ini memungkinkan peningkatan kapasitas riset dan inovasi dalam bidang kimia.

“Gedung ini dibangun dengan fasilitas yang lengkap, seperti laboratorium ISO, laboratorium riset material, laboratorium riset bahan alam dan biokimia, laboratorium atsiri, laboratorium riset pengembangan metode uji, laboratorium lingkungan, dan laboratorium pengujian proksimat. Selain itu, Lantai 4 dilengkapi dengan Ruang Kerja Magister, Mushola, dan Auditorium yang mampu menampung hingga 180 orang”, paparnya.

Lebih lanjut, Beliau menjelaskan dibutuhkan waktu 62 minggu, mulai dari 18 Juli 2022 hingga 23 September 2023, untuk menyelesaikan pembangunan gedung ini. Fasilitas lainnya termasuk lift dengan kapasitas 10 orang, tangga utama, tangga darurat, serta genset dengan kapasitas 500 kVA beserta rumah genset dan jaringan kabel yang sudah siap.

Sambutan juga datang dari Ketua Umum Pengurus YBW UII, Dr. Suparman Marzuki, S.H., M.Si., yang menekankan pentingnya kolaborasi antar lembaga untuk mendukung perkembangan pendidikan dan riset.

Sambutan Ketua Umum PYBW UII Dr. Suparman Marzuki, S.H., M.Si. /Dok.Humas

“Yayasan sekarang sedang merampungkan masterplan yang diharapkan dapat menjadi acuan utama dalam membangun kawasan di UII, kita ingin kedepan ada design yang solid tentang penataan Kawasan di UII. Ke depan juga kita dapat berkolaborasi dengan eksternal terkait pembangunan di UII”, ungkapnya.

Tak ketinggalan, Rektor UII, Prof. Fathul Wahid, ST., M.Sc., Ph.D., menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan atas kontribusi Yayasan Badan Wakaf UII dalam membangun fasilitas ini. Beliau juga menegaskan komitmen UII untuk terus mengembangkan pendidikan dan riset demi kemajuan bangsa.

Peresmian Gedung Laboratorium Riset Kimia UII ini menandai komitmen UII dalam menyediakan fasilitas terbaik untuk mendukung penelitian dan inovasi, serta mengukuhkan posisinya sebagai pusat pendidikan dan riset unggulan di Indonesia. (Andri/Humas)

Penandatangan oleh Ketua Umum PYBW UII Dr. Suparman Marzuki, S.H., M.Si., disaksikan oleh Rektor UII Prof. Fathul Wahid, ST., M.Sc., Ph.D., beserta Dekan FMIPA UII Prof. Riyanto, S.Pd., M.Si., Ph.D./Dok.Humas