, ,

Rumah Sehat BAZNAS Yogyakarta Meriahkan Milad ke-12 dengan Para Lansia

Rumah Sehat BAZNAS Yogyakarta merayakan ulang tahun yang ke-12 dengan menggelar acara spesial bersama para lansia di wilayah Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Acara ini juga sekaligus memperingati milad BAZNAS RI yang ke-23 tahun. Dengan tema “Berkah Zakat, Sehat Bermanfaat,” rangkaian kegiatan dilakukan melalui talkshow dan skrining penyakit tidak menular pada lansia. Acara ini berlangsung pada 17 Januari 2024 M/5 Rajab 1445 H.

Dalam tiga dekade terakhir, terjadi perubahan beban penyakit dari penyakit menular ke Penyakit Tidak Menular (PTM). PTM menyebabkan kematian sekitar 41 juta orang setiap tahun, setara dengan 74% dari seluruh penyebab kematian di dunia. Rumah Sehat BAZNAS Yogyakarta berkomitmen untuk menekan angka penyakit tidak menular melalui kegiatan skrining yang melibatkan 482 penerima manfaat.

“Kami memiliki 4 titik program Omah Cegah Demensia bersama YBW UII, di mana setiap bulannya dilakukan pendampingan dan pemantauan kesehatan guna mencegah PTM pada lansia. Selain itu, kami juga bersinergi dengan Program Keluarga Harapan kecamatan Jetis dan Sewon dengan memberikan pelatihan serta penyaluran alat Tensimeter dan Cek Metabolik,” ungkap dr. Dina Arisonaningtyas, MPH, FISQua dalam sambutannya.

Rangkaian Kegiatan ini terdiri dari Sambutan, Simbolis penyerahan Buku Periksa kepada Kader Lansia, Penampilan Lansia OCD, Pemaparan Materi dan Tanya Jawab oleh Dr. dr.Probosuseno, Sp.PD., K-Ger., S.E, Doa bersama serta pelaksanaan Skrining Gula Darah, Asam Urat dan Kolesterol pada lansia. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Drs. Aden Wijdan Syarif Zaidan, M.Si selaku Ketua Pemberdayaan Masyarakat YBW UII, Dra. Hj. Puji Astuti selaku Ketua BAZNAS Provinsi DIY, Ibu Ayu dari Dinas Kesehatan Kab. Bantul, Ibu Rondiyah dari Puskesmas Sewon 1, perwakilan Kapolsek Sewon 1 dan Kalurahan Timbulharjo.

“Lansia mengalami penurunan kapasitas fungsional hampir pada seluruh sistem tubuhnya, termasuk imunitasnya sehingga rentan terhadap infeksi. Masalah kesehatan lain seperti risiko penyakit degeneratif juga menjadi perhatian utama,” jelas Dr. dr .Probosuseno dalam pemaparan materinya. Beliau memberikan tips agar lansia dapat hidup sehat dan produktif, termasuk pengaturan pola makan, konsumsi sayur dan buah setiap hari, skrining PTM secara berkala, aktifitas ringan untuk mencegah pikun, serta mengelola stres. Acara berlangsung penuh semangat dan keceriaan, memperkuat hubungan antara Rumah Sehat BAZNAS Yogyakarta dan masyarakat lansia di wilayah tersebut. (Andri/Humas)