,

Sosialisasi Wakaf Uang : Generasi Z Dan Optimalisasi Peran Wakaf Uang

Pada hari Sabtu, 9 Desember 2023/25 Jumadilawal 1445, Laboratorium Mahasiswa UII (LABMA UII) menyelenggarakan acara Seminar Nasional “Labma Scientific Fair 2023”. Dalam acara tersebut, Lembaga Wakaf Uang UNISIA (LWU UNISIA) mengisi sosialisasi literasi wakaf uang yang dihadiri oleh mahasiswa dari berbagai kampus. Sosialisasi literasi wakaf uang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang wakaf uang di kalangan mahasiswa.

Sosialisasi literasi wakaf uang dimulai dari pengenalan narasumber yaitu Dr. Siti Achiria, S.E., M.M. selaku Ketua LWU UNISIA yang memaparkan mengenai perbedaan antara Zakat, Infaq, Sedekah dengan Wakaf. Sesi selanjutnya adalah pengenalan LWU UNISIA sebagai Lembaga nadzir yang mengelola wakaf uang di bawah naungan Yayasan Badan Wakaf Universitas Islam Indonesia (YBW UII). Kemudian, yang terakhir berupa penyampaian program – program penghimpunan wakaf uang. Diharapkan agar, audience dapat mengenal dasar–dasar wakaf dan mengenal Lembaga.

Setelah sesi sosialisasi berakhir, peserta diberikan informasi narahubung LWU UNISIA untuk menghubungi lebih lanjut terkait informasi–informasi yang diperlukan baik terkait wakaf maupun LWU UNISIA. Selain presentasi, dari Lembaga juga membagikan flyer dan memasang x-banner  agar mahasiswa dapat men-scan QRIS yang telah disediakan LWU UNISIA untuk dapat berwakaf uang Bersama.

Sosialisasi Generasi Z dan Optimalisasi Peran Wakaf Uang ini, tidak hanya menciptakan kesadaran baru bagi mahasiswa tentang pentingnya berwakaf uang tetapi juga memberikan mahasiswa rasa empati terhadap sesama manusia. Acara ini diharapkan menjadi langkah awal menuju Generasi Z yang lebih memperdulikan keberlangsungan hidup bersama melalui pemberian wakaf uang yang mereka berikan. (Deka/Andri)